Sabtu, 28 Juli 2012

Pura Lingsar


Pura Lingsar terletak di sebelah Utara Narmada dan merupakan tempat pemujaan yang berdampingan antara pemeluk agama Hindu dan suku Sasak. Pura Hindu yang disucikan ini didirikan pada tahun 1714. 








Suku Sasak yang beragama Islam bersama umat Hindu pada awal musim penghujan akhir bulan Nopember-Desember di tempat ini melaksanakan Perang Topat. Diawali dengan upacara persembahyangan di tempat pemujaan masing-masing, kemudian mereka memasuki lapangan di luar tempat pemujaan dan dilanjutkan dengan saling lempar dengan topat di antara para peserta upacara. Masyarakat meyakini bahwa upacara ini memberi berkah dengan turunnya hujan, sementara yang lain menyebutkan, upacara ini dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur atas hujan yang dikaruniakan oleh Tuhan bagi kemakmuran hidup mereka. Perang topat atau perang ketupat ini bukan menyimbulkan permusuhan namun persaudaraan. konon ada sebuah kolam di salah satu puranya yang di percayai membawa keberuntungan jika kita melempar koin ke dalamnya dan muncul ikan berwarna putih. 

nih galerinya..
have nice ya.






     ini punya nya sasak loh
tempat kolam keberuntungan


2 komentar:

  1. Rare Angon Nak Bali Belog bertamu, wah perang tomat antara Islam dan Hindu ??? semoga budaya yang meningkatkan rasa persatuan akan selalu ada di negeri ini, selamat beraktivitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, bukaaaaan . bukan perang tomat tapi topat/ketupat

      Hapus