Jumat, 12 Desember 2014

CARA MEMBUAT SSP ONLINE ( E-BILLING ) PAJAK





Oopsi oopsi , gue sempet bingung waktu bulan nopember pergi ke bank B*I untuk bayar pajak masih menggunakan SSP manual yang diketik dengan mesin tik. “ mbak, bank kami hanya menerima SSP manual sampai nopember saja ya setelah itu kami hanya menerima E –Billing.” Gue ga terlalu kaget karena sebelumnya gue sudah pernah baca kalau pembayaran pajak bisa melalui ATM dan Internet Banking.
Tapi disini gue punya masalah saat mbak teller bilang harus daftar dulu di pajak agar bisa menggunakan fasilitas E-Billing. Dan bank bank lain juga memiliki kebijakan begitu. Saat gue tanya lagi bagaimana cara pendaftarannya, gue malah disuruh nanya langsung ke pihak pajak.
Ok lah…

Gue coba cari sendiri di internet cara cara nya tapi gue tetep masih belum paham dan akhirnya gue putusin buat keremu AR nya langsung dan gini hasilnya :

  1. MASUK KE WEB
  1. Kita harus daftar dulu ke web e-billing ini http://sse.pajak.go.id/index.aspx
      b. Karena belum punya akun, kita pilih DAFTAR BARU

 

  1. FORM PENDAFTARAN
  1. Masukan NPWP yang akan di daftarkan ( jika NPWP benar maka nama WP akan langsung muncul )
  2. Masukan e-mail yang aktif ( email WP / perusahaan )
  3. Masukan User Id ( bebas )
  4. Input Kode yang sudah disediakan
  5. Klik Register


  1. REGISTER BERHASIL
  1. Cek Email yang dipakai tadi, maka anda akan mendapat email dari Pajak
  2. Cukup Klik Link yang paling atas
  3. Jika gagal maka klik ling di bawahnya lalu masukan code yang sudah ada
  4. Catat User ID serta PIN untuk LOGIN



  1. LOGIN
a. Masukan User ID serta PIN yang telah di dapatkan dari e mail


  1. TAMPILAN SURAT SETORAN

  1. CARA MENGISI SURAT SETORAN
  1. NOP tidak usah di isikan
  2. Pilih Jenis pajak yang akan dibayarkan





  1. Pilih  Jenis setoran ( jika anda binging , lihatlah SSP yang biasa anda buat. Disana terdapan 9 diget kode setoran. Contoh pembayaran PPh Pasal 4 Ayat 2 Final Kode : 411128 420 . Makan 6 digit pertama adalah Jenis pajak dan 3 digit terakhir adalah jenis setorannya.
  2. Masa dan tahun pajak disesuaikan.
  3. No SK biasanya diabaikan saja
  4. Jumlah setoran disesuaikan dengan jumlah pembayaran anda




  1. SIMPAN DATA LALU TERBITKAN KODE BILLING
  2. Setelah Kode Billing Diterbitkan maka anda akan mendapat ID BILLING
  3. Biasanya ini susah di cetak. Jika anda tidak bisa mencetaknya anda bisa menggunakan alternatif PRINT SCREEN – PASTE DI PAINT – CROP BAGIAN YANG PERLU – CUT-LALU PASTE PADA MS.WORD – PRINT
  4. Kode tersebuat bisa anda bawa ke Bank ,Pos, Langsung Dengan Internet Banking dll.
Sekian dari gue. Semoga dapat membantu

130 komentar:

  1. hallo maba..
    saya mau tanya kalo laporan pajak bulanan nihil masuknya ke kode akuun apa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kode akun bukannya berbeda beda? tergantung pajak PPH berapa.

      Hapus
    2. salam mba
      kalo sekiranya kita sudah masukin NPWP dan PIN
      tapi setiap login selalu tidak berhasil
      itu kenapa ya ??

      Hapus
    3. mbak fitri mesti aktifkan kode aktivasi yang sudah didaptkan melalui email yg kita terima

      Hapus
    4. caranysa gimana ? saya juga g bisa masuk

      Hapus
  2. Setahu saya kl nihil tetep harus lapor manual ke kantor pajaknya, tidak bisa online.

    BalasHapus
  3. maaf mba?jika sudah memasukan kode aktivasi,tp data tidak ditemukan.
    itu sebabnya apa ya?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kemarin coba dan mengalami hal yg sama, selalu saja data tidak ditemukan. Tetapi hari ini saya coba langsung login tidak usah aktivasi lagi, login dengan NPWP dan Password yang didapat dari email aktivasi.

      Hapus
    2. Mbak Feni
      Saya sudah daftar tp ketika saya klik link untuk mengaftikan dan mengcopy paste (saya coba ketik manual juga) tapi kok "data tidak ditemukan" kenapa yaa?
      sedangkan saya mau coba daftar ulang UserID(NPWP) katanya sudah terdaftar lalu saya login data tidak ditemukan.

      Hapus
    3. mba feni..saya baru daftar dan verifikasi lewat link selalu gagal, ada notifikasi data tidak ditemukan, saya coba langsung login dengan user npwp dan pin yg diberi selalu gagal..jadi saya harus bagaimana? coba besok2 lagi kah?

      Hapus
  4. Makasih Mbak Mitha atas Infonya... ternyata mudah banget, jadi lebih gampang cara kerja pembayarannya...

    BalasHapus
  5. saya mau tanya ID billing kan ada masa aktifnya s.d ********* jika pembayaran dilakukan lewat dari masa aktif id biling tersebut gmna nanti.? apakah kita harus terbitkan kode biling lagi, atau id transaksi dgn id billing sebelumnya dianggap batal..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kadaluarsa , kita harus menerbitkan yang baru. yang lama tidak bisa dipakai lagi. Jadi, saat membayar pajak harus dilihat masa berlaku e billingnya.

      Thanks

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Haii mba..

    Saya kan masih baru di dunia ebilling, saya boleh minta nomer handphone mba tidak untuk sekedar sharing2 mengenai pajak sama mba..
    itu juga kalau boleh sih.. ^_^

    BalasHapus
  8. maaf nanya, pembayaran online untuk badan usaha CV, bisa mulai bulan berapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dullu setiap pembayaran pajak mulai bulan November 2014 di Bank sudah harus menggunakan Ebilling.

      Hapus
  9. klu sdah daftar tp lupa alamat email y bagaimana gan solusi y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, maaf saya juga kurang paham. untuk lebih jelas bisa konsultasi ke kantor pajak

      Hapus
  10. mau tanya untuk e billing SSP sudah mulai dari kapan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami di denpasar untuk pembayaran melalui bank sudah dari November 2014 mbak. namun untuk Kantor Post baru Oktober 2015

      Hapus
  11. sudah hari ketiga ini saya coba mengklik untuk aktivasi e billing...jawabannya bikin saya kesal...selalu tidak berobah "data tidak ditemukan" kita inikan mau bayar pajak koq susahnya bukan main...negara bikin peraturan tapi tidak siap dengan perangkat.....payahhhhh.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat bang hehehe.
      Coba konsultasi ke pihak pajak nya.
      ini posting saya sudah 2014 mungkin ada perubahan tatacara pendaftaran

      Hapus
    2. bang fawaz, saya juga begitu barusan coba....data tidak ditemukan....solusinya, kita langsung login aja, pake user n password yang diemail berbarengan dengan data aktivasi

      Hapus
    3. kalau ttp gak bisa gimana ya kak?

      Hapus
  12. kayaknya ampe capek sy coba daftar ebilling setelah dapat email dari pajak sy coba klik cara pertama hasilnya gagal dan data tidak ditemukan,kemudia sy coba cara kedua jawabannya tetap sama..alias data tidak ditemukan.
    Gemana dgn masyarakat yg awam dgn internet....mau bayar pajak kok susah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat Sahadewa.
      Coba konsultasi ke pihak pajak nya.
      ini posting saya sudah 2014 mungkin ada perubahan tatacara pendaftaran

      Hapus
  13. sissy makasih banyak sudah posting ini..^_^ sangat membantu sekali..
    oya mau tanya juga, pas kita tekan terbitkan kode billing, ada message masa pajak-1 dan masa pajak-2 tidak sama..itu bagaimana ya sis..mohon pencerahannya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin sist buat masanya
      Agustus sd September ya ?
      saya rasa itu masalahnya.
      jika akan menggunakan masa agustus maka pilih Agustus sd Agustus begitu juga dengan bulan yang lain.

      Hapus
  14. Hallo mba..saya baru buat npwp seminggu yang lalu..bayar pajak nya masuk bulan apa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk NPWP saya kurang mengerti juga hehhee. coba konsultasi dengan pihak pajaknya

      Hapus
  15. gimana solusinya kalo kita akan mandaftar, tapi tidak bisa terdaftar

    BalasHapus
  16. gimana solusinya kalo kita akan mandaftar, tapi tidak bisa terdaftar

    BalasHapus
  17. gimana solusinya kalo kita akan mandaftar, tapi tidak bisa terdaftar

    BalasHapus
  18. gimana solusinya kalo kita akan mandaftar, tapi tidak bisa terdaftar

    BalasHapus
  19. gimana solusinya kalo kita akan mandaftar, tapi tidak bisa terdaftar

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusi terbaik dengan cara mendaftar ulang dengan mendatangi kantor pajak nya langsung. Nanti bisa dipandu oleh AR nya masing masing. Ingat bawa laptop dengan modem ya hehehhehe

      Hapus
    2. mba gimana cara mengatasi npwp terdaftar dengan akun email yang salah, apa bisa di ulang???

      Hapus
    3. mba gimana cara mengatasi npwp terdaftar dengan akun email yang salah, apa bisa di ulang???

      Hapus
  21. bagaimana kalo salah waktu pendaftaran,salah memasukkan alamat email,sdgkan data sudah tersimpan,please info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hubungi kring pajak

      Hapus
    2. saya pernah seperti itu mbak, jadi saya telp kring pajak. caranya jika kita belum mengaktifkan sse kita atau blm login lebih dari 3 hari maka pendaftaran dinyatakan tidak berlaku lagi. jadi silahkan mbak mendaftar ulang.

      Hapus
  22. apakah bsa dihapus data sebelum nya?
    atau harus ke kntor pajak nya langsung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mb. Shinta
      Sebaiknya perbaikan di lakukan di kantor pajak dengan di dampingi oleh AR nya.

      Hapus
  23. Hai mba Kriting-imut ^_^
    nanya dooonkkk, gimana sih caranya bayar pph21 dari atm? kemaren aq coba ga ada pilihannya, cuma ada pilihan pbb, pkb dan pph final
    apa langsung transfer aja gitu ya dengan mengganti no rek dituju dengan kode billing?
    thankss yaa sebelumnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga...
      Setahu saya untuk pembayaran di ATM, E banking, M Banking sih belum ada yang untuk pph. namun untuk update terbaru coba saja hubungi bank nya apa sudah bisa di lakukan pembayaran di ATM, E banking, M Banking hehehehhe

      Hapus
    2. nama banknya apa ya, masing-masing bank mungkin berbeda nama menunya, ada yg Pajak, ada yg MPN, kode billing bukan kode rekening, kode billing itu mirip kode pembayaran yang bila diinput di atm akan muncul detail data pembayaran

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. maaf saya mau tanya, setelah e-billing di cetak kan di dalam sse ada konfirmasi NTPN. itu diisi saat kapan yaa ? atau kita bayar dahulu baru diisi atau diisi sebelum bayar ?

    BalasHapus
  26. NTPN dicetak oleh sistem saat pembayaran

    BalasHapus
  27. mb, aku mau tanya dong.. mb udah pernah pake layanan e-billing belum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah pakai dari bulan Nopember 2014 mbak. karena sudah dituntut dari pihak Banknya

      Hapus
  28. jika sudah membayar, apakah harus konfirmasi NTPN ? karena di akun tersebut ada menu View Data - Konfirmasi NTPN ? terus disitu ada pilihannya Filter berdasarkan kode Billing/NTPN, yg mana yg harus dipilih ??? yang dimasukkan kode Billing atau NTPN ?

    BalasHapus
  29. Permisi mau tanya apabila salah mengisi masa pajak pada SSE tapi sudah terlanjur dibayarkan apakah tetap bisa dijalankan untuk pelaporan pajaknya? Makasih

    BalasHapus
  30. Hallo Mba..

    Jika data e-ssp sudah disimpan, tapi ada kesalahan input apakah bisa diubah?
    jika bisa bagaimana caranya?

    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, jika sudah cetakpun bisa dibatalkan. karena itu ada masa kadaluarsanya

      Hapus
    2. Permisi mbak Mau Nanya, mohon dijelaskan untuk membedakan dan memberi uraian pembayaran antara jenis pajak satu dengan lainnya gmn?????misalnya kalo di SSP yang dulu (manual) kita bisa memberi keterangan "Konsumsi Rapat Bulan Desember" kalau di E billing gmn, Trims sblumnya, mf masih awam

      Hapus
  31. Jika sudah dibayar ke Kantor Pos atau Bank, apakah sesudah itu masih harus lapor ke kantor pajak lagi ?

    BalasHapus
  32. kalo untuk no SKnya wajib diisi gak sih ??

    BalasHapus
  33. kalo untuk no SKnya wajib diisi gak sih ??

    BalasHapus
  34. mbak pas saya daftar baru, ee malah emailnya salah, trus gmana ya

    BalasHapus
  35. mau nanya... kalau tekan terbitkan kode billing trus yang muncul respon code E1.. Itu gmna ya..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bin idem. Saya juga muncul response code E1.
      Apa ada yg bisa tolong kami?
      T'Kasih.

      Hapus
    2. Bantu Jawab.
      Barusan saya juga kejadian kayak gitu. Kemungkinan itu disebabkan koneksi internet. Jadi saya pindah ke komputer lain dan berhasil.

      Hapus
  36. mbak mau tanya,, aku kn bikin sspnya yaa. lha masa pajaknya kn ak mau bayar masa desember tp tahunnya itu kok tetep tahun 2016 yaa gak bisa di ganti 2015? apa itu karna settingan tgl komputer??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya bisa diganti ya mba? Diketik ulang begitu.

      Hapus
  37. mohon jwabannya rekan2 semua, jika mau verifikasi ada keterangan data tdk lengkap trus kita langsung melakukan login, apa itu tidak apa2?jika nanti sse nya kita laporkan.terimakasih sblmnya

    BalasHapus
  38. mohon jwabannya rekan2 semua, jika mau verifikasi ada keterangan data tdk lengkap trus kita langsung melakukan login, apa itu tidak apa2?jika nanti sse nya kita laporkan.terimakasih sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab
      Asal bisa login sepertinya tidak apa apa

      Hapus
  39. Taruh kursor di akhir, lalu klik backspace. Km bisa ketik ulang 2015. Itu yg saya lakukan. Tp yg msl, kode ebilling tidak bisa terbit: muncul "response code E1".
    Mungkin ada teman2 yg bisa bantu?
    T'Kasih.

    BalasHapus
  40. Taruh kursor di akhir, lalu klik backspace. Km bisa ketik ulang 2015. Itu yg saya lakukan. Tp yg msl, kode ebilling tidak bisa terbit: muncul "response code E1".
    Mungkin ada teman2 yg bisa bantu?
    T'Kasih.

    BalasHapus
  41. Saya mau input ssp desember 2015, bulan bisa diubah, tapi tahun tidak bisa diubah, tetap aja 2016, gimana ya

    BalasHapus
  42. mbk,,saya udh daftar ,,tapi sampai skrg email dri pajak belum ada msuk..solusiy gmn yaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga sperti it, bagaimana cara aktifasinya klo belum ada email untuk link aplikasinya.. thx

      Hapus
    2. Bantu jawab
      Kalau npwp nya benar dan jaringan bagus, ketika daftar baru saat ketik npwp maka muncul nama wp, jkka tidak muncul berarti masih blm berhasil daftar barunya

      Hapus
  43. maun nanya nih...kok NPWP Bendaharanya gak bisa diganti dengan NPWP REkanan...
    Mohon solusi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mau bayar pajak rekanan melalui NPWP Desa

      Hapus
    2. Bantu jawab
      Kalau login pake npwp pemungut seperti bendahara, npwp bisa diganti manual dengan npwp rekanan

      Hapus
  44. Satu e-billing satu NPWP... Untuk rekanan daftar e-billing juga

    BalasHapus
  45. Saya mau tanya, kalau saat pendaftaraan salah masukin alamat email gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab
      Saya pernah seperti itu bikin permohonan ke ktr pajak trus kasih ar nya

      Hapus
  46. makasih ya bak kriting imut___aku ikut copi paste

    BalasHapus
  47. kalau mau print ulang ssp nya bisa gak ya? selama masih dalam masa aktif
    Makasih

    BalasHapus
  48. Siang Mbak... Bagai mana kita bisa melihat kode Billing tahun 2015.. misanya bulan Desember 2015 yang sudah kita bayar.. namun dokumen NTPNnya hilang.. sehingga kami tidak bisa menemukan billingnya lagi... jadi bagai mana kami bisa melihat kembali ID billing tersebut mabk??

    BalasHapus
  49. apabila lupa email gimana ya mba??

    BalasHapus
  50. tlp ke pegawai ppn kab/kota minta di reset az mbak,,, gk bigung dengan aktifasi,, klw mau di bantu silakan hubungi no ne 082340184858 agus bima

    BalasHapus
  51. Mba saya dah input data nya kenapa ga bs menyimpan ya buat cetak id billingnya

    BalasHapus
  52. jumlah yg di setor klo ada 5 apa dijumlahkan dulu..???

    BalasHapus
  53. jumlah yg di setor klo ada 5 apa dijumlahkan dulu..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada 5 SSP ya inputnya masing masing mbak, karena nanti kode ID Billing pembayaran per SSP. Jadi Kode ID Billing dapat 5 angka

      Hapus
  54. Klo mau cetak kode billingnya ada tulisan respon e1 to g kluar kode billingnya trus gmn ya?

    BalasHapus
  55. untuk nominal 2 angka dibelakang koma bagaimana memasukannya? misal 131.808,13

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menghitung Pajak terutang seharusnya di buatkan ribuan waktu di tarif. Jadi gak akan muncul koma koma spt itu mbak. Tapi kalau mau dipaksakan untuk dibayar tinggal ketik saja angka apa adanya, saya yakin bisa.

      Hapus
  56. mba mau nanya saya biasanya bisa login tapi per sore kemarin tiba-tiba "login tidak berhasil" itu kenapa ya mba? mohon bantuannya

    BalasHapus
  57. Kenapa setiap akan mengklik terbitkan ID Billing balasan nya selalu Response Cose : 98 Deskripsi : System Error : DB Not Available

    BalasHapus
  58. Tolong bantuan nya terima kasih

    BalasHapus
  59. Balasan ketika meng klik ID Billing selalu " Response Code : 98 Deskripsi : System Error : DB not available

    BalasHapus
  60. maaf sebelumnya saya mau tanya, saya sudah daftar npwp bendahara saya ke aplikasi pajak, tapi sampai saat ini konfirmasi pin pajak saya masih belum ada, setelah saya cek teryata email saya yang bemasalah (ngak bisa menerima email dari email lain) jd bagaimana sousinya??? atas jawabanya diucapkan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya jangan menggunakan email kantor, tapi gunakan email yang umum yang pakai yahoo, gmail saja mbak. Buat email baru kan gak lama tapi menyelesaikan masalah.

      Hapus
  61. tolong bantuannya , kenapa pd saat sy daftar User ID nya tidak muncul, jd yang ada NPWP ,Nama ( tidak bs di isi), Email , kode langsung register

    BalasHapus
  62. tolong bantuannya , kenapa pd saat sy daftar User ID nya tidak muncul, jd yang ada NPWP ,Nama ( tidak bs di isi), Email , kode langsung register

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. pusing.., kenapa ya menu VIEW DATA pada billingku yang tampil hanya konfirmasi NTPN nya saja.? sehingga aku g' bisa mereview jumlah pajak yang sudah ku bayar

    BalasHapus
  65. Siang, sy mau buat ebilling u/ pph final peredaran bruto tahun pajak 2015 di tahun 2016. Cara merubah tahun pajak nya bagaimana ya? ko di SSP elektronik tidak bisa ya berubah ke 2015, masih tetap saja tahun 2016. Mohon di bantu solusinya, karena hari ini saya mau membuat ebilling dan membayarnya. terima kasih

    BalasHapus
  66. siang, saya mau tanya bila di cetak itu tidak bisa, dan belum sempat untuk di print screen lalu gimna ya ? sementara bila di klik menu view data itu tidak bisa.hanya ada konfirmasi NTPN mohon di bantu. terima kasih.

    BalasHapus
  67. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  68. kalo kedobelan dalam input data gmn ya?apa bisa dihapus ato nanti ditagih pajaknya?ceritanya saya sdh input data pph21 tp pas mau aq cetak g bisa, jadi aq input lagi,eh malah dobel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa kalau double input gak masalah. Kan setiap kode billing punya masa expired. Bayar saja salah satu kode billing. Nanti kode billing satu lagi yg tidak kita bayar akan expired dengan sendirinya... menurut saya

      Hapus
  69. kalau untuk profesi notaris dan akan membayar pajak penjual klien kita, berarti pada saat menginput data SSP maka nama yang di input apakah nama pihak penjual? dan NPWP yang diinput adalah NPWP penjual atau NPWP notaris? bagaimana jika penjual tidak mempunyai NPWP?. tolong dibantu, terimakasih

    BalasHapus
  70. Kak saya mau tanya, kenapa yah dalam proses penerbitan id billing di smartphone saya muncul kalimat "response code : 18
    Deskripsi : Nomor SK : Penulisan No SK tidak sesuai ketentuan"
    Sesuai kalimatnya kan seolah olah bermasalah pada no sk sedangkan saya hanya mengabaikan No SK nya

    Mohon solusinya kak, makasih.

    BalasHapus
  71. apabila saya salah input jumlah pembayaran namun terlanjur cetak kode billing, apa masih bisa dibatalkan? bagaimana cara menghapus atau membatalkannya? Terima kasih

    BalasHapus
  72. Kami sudah membayar Pajak dengan E Billing, stelah dibayarkan BPN nya hilang, apakah bisa mendapatkannya lg?
    Bagaimana cara mendapatkan Kode E Biling yang hilang tersebut?

    BalasHapus
  73. Bagaimana kalo mau masukkan jenis pajak dan jenis setoran untuk pajak jual beli tanah. Terima kasih

    BalasHapus
  74. Bagaimana kalo mau masukkan jenis pajak dan jenis setoran untuk pajak jual beli tanah. Terima kasih

    BalasHapus
  75. bagaimana jika kode biling muncul gak bisa di cetak,kita harus bayarnya gimana?
    trusss klo kita teruss coba input trus dan tetep sama kode biling muncul namun tetep gk bisa di cetak itu harus dibayar atw gk?

    BalasHapus
  76. mau tanya, kenpa sya daftar sse ko blm ada balasan dari pajaknya ya, padahal sya daftar ulang user id sudah ada..

    BalasHapus
  77. Mau Tanyak ni,,knp dalam pengisian ID Billing@ tidak ada kolong uraiannya

    BalasHapus
  78. cara revisi e biling yang sudah di cetak gimana...umpamanya salah bulan atau tahun

    BalasHapus
  79. mb mau tanya, saya baru saja daftar e-billing, tapi email yang saya gunakan untuk daftar tidak bisa dibuka. saya coba login dengan email baru tapi gak bisa. tolong solusinya gimana ya mb? terima kasih.

    BalasHapus